Sabtu, 03 November 2012

Komentar untuk Artikel Pemasaran & Rumusan Masalah Pemukiman Kumuh


Nama  Kelompok : 1. Doriah Afni Panjaitan (22210154)
                                 2. Elin Eliani (22210333)
                                 3. Lufi Wahyuni. A (24210069)


TUGAS SOFTSKIL BAHASA INDONESIA 2 (TUGAS I)

(1) Beri komentar tentang artikel berikut ini:
Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku.
Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!

Komentar kami :
1.   Setelah kami amati artikel no. 1, kami menemukan beberapa kesalahan dalam penggunaan kata dan tanda baca.
Kesalahan pertama yang kami temukan dalam artikel di atas terdapat pada kalimat pertama “Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi” . Dalam kalimat tersebut terdapat kata “adalah” dan “merupakan” yang seharusnya tidak boleh digunakan secara bersamaan dalam mendefinisikan hal tersebut, karena membuat kalimat tersebut tidak efektif. Kemudian kesalahan pada tanda koma yang digunakan sebelum kalimat “disamping kegiatan produksi dan konsumsi”. Menurut kami, penempatan tanda koma tersebut kurang tepat, sehingga tidak perlu digunakan dalam kalimat tersebut.
Kesalahan kedua yang kami temukan terdapat dalam kalimat ke-4 “Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut”. Seharusnya pada kalimat tersebut setelah kata pemasaran diberi tanda koma (,) bisa juga dengan menempatkan kalimat “jika kita lihat” sebelum kata “pemasaran” dan diberi tanda koma(,) setelah kalimat “jika kita lihat”. Kemudian masih pada kalimat ke-4, kami juga menemukan kesalahan, yaitu pada kalimat “yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut”. Seharusnya kata “bahwa” tidak perlu digunakan karena pada kalimat tersebut sudah terdapat kata “yang berarti”.


(2). Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.
Berdasarkan artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian

RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang saya ajukan sebagai berikut :
1.      Seberapa besar pengaruh penduduk miskin terhadap pemukiman kumuh ?
2.      Seberapa besar pemukiman kumuh yang berada di DKI Jakarta ?
3.      Seberapa banyak penduduk miskin yang bertempat tinggal di DKI Jakarta ?
4.      Bagaimana reaksi pemerintah DKI Jakarta menghadapi problematika kesehatan di pemukiman kumuh ?

TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah yang saya ajukan di atas, maka tujuan penelitian saya sebagai berikut :
1.      Mengetahui berapa besar pengaruh penduduk miskin terhadap pemukiman kumuh
2.      Mengetahui berapa besar pemukiman kumuh yang berada di DKI Jakarta
3.      Mengetahui berapa banyak penduduk miskin yang bertempat tinggal di DKI Jakarta
4.      Mengetahui reaksi pemerintah DKI Jakarta menghadapi problematika kesehatan di pemukiman kumuh














                              


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar