Jumat, 31 Desember 2010

BISNIS ONLINE

BISNIS ONLINE

Bisnis Online atau disebut juga sebagai bisnis internet merupakan suatu cara untuk menghasilkan uang melalui internet dengan memanfaatkan blog sebagai sarana promosi oleh internet marketer. Internet marketer adalah orang yang menjalankan bisnis online dengan memasarkan produk dan jasa menggunakan media internet. Sekarang bisnis online merupakan bisnis yang sangat populer dikalangan blogger (pemilik blog) karena memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah biaya yang lebih rendah dan memiliki kemampuan lebih besar untuk mendistribusikan jasa dan produk kepada khalayak ramai.

Jadi, untuk memulai bisnis online kita mesti dan wajib membuat blog kemudian mempromosikan blog tersebut supaya ramai dikunjungi. Untuk mempromosikan blog yang telah dibuat tersebut bisa melalui media social networking seperti facebook, youtube, myspace, friendster, wikipedia dan sebagainya. Setelah blog kita ramai dikunjungi dan menjadi terkenal barulah kita menentukan bisnis online apa yang harus diikuti. Ada bermacam-macam bisnis online yang bisa kita ikuti seperti Pay To Click, Pay Per Click, Pay To Review, Affiliate dan sebagainya yang akan dibahas lebih detail pada artikel selanjutnya.

Yang perlu diperhatikan lagi dalam berbisnis online yaitu kita harus memiliki ATM. Karena uang yang kita dapatkan dari bisnis online yang kita kelola akan disetorkan ke ATM. Tanpa adanya ATM kita tidak bisa menikmati hasil dari bisnis online yang kita kelola. Perasaan tulisannya dibolak-balik saja yah. . Selain itu juga kita harus menawarkan prodak yang berupa barang dan jasa, serta kita harus memiliki teman yang banyak agar kita bisa sukses dalam berbisnis online.



Bisnis online tidak mudah

Jangan tertipu dengan iming-iming bahwa bisnis online itu mudah. Karena di beberapa website yang pernah saya temukan, sering dijumpai tulisan “Sebulan mendapatkan 50jt dengan hanya bisa mengetik”. Ingat, selain mengetik anda juga butuh usaha. Hari gini mau dapetin uang sebanyak itu gak gampang. Butuh pengorbanan
Bisnis online banyak jenisnya

Dunia bisnis online berkembang dengan pesat dan jenisnya juga banyak. Mulai dari pay per click, pay to click, affiliasi dan lainnya. Ada yang gratisan, ada juga yang harus bayar terlebih dahulu untuk ikutan bisnis
Bisa dijalankan dari mana saja

Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting anda punya koneksi internet. Anda bisa mengendalikan bisnis anda ketika anda sedang di toilet, atau ketika anda sedang kerja di kantor.
Modal relatif kecil

Bisnis online modalnya tidak banyak jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Setidaknya anda hanya butuh website untuk menjalankan bisnis ini

 

Kelebihan Bisnis Online

 

  1. bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet
  2. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit
  3. Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu
  4. Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
  5. Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada

Kekurangan Bisnis Online

 

  1. Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau milih ikutan yang mana
  2. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer



Macam Macam Kegiatan Bisnis Online

Kegiatan bisnis secara online atau biasa disebut juga dengan internet marketing, pada dasarnya tidak hanya seputar transaksi suatu barang yang dilakukan dengan media internet. namun proses pencarian keuntungan dengan tanpa menjual barang nyata di dalam internet juga merupakan bisnis online. Sekalipun terkadang sifatnya illegal. Contohnya ialah bisnis online yang dilakukan oleh para spammer yaitu pembuat situs iklan komersial. Berikut ini sedikit banyak merupakan contoh contoh kegiatan bisnis online:

• Paid survey
Adalah merupakan contoh fasilitas dalam kegiatan bisnis yang disediakan oleh suatu perusahaan. Dimana kita dapat mendaftar sebagai member pada perusahaan perusahaan yang menawarkan program paid survey. Kemudian mereka akan memberikan jatah survey setiap kita menyelesaikan setiap survey yang dibatasi perbulannya. Namun situs situs seperti ini banyak yang berupa penipuan. Sehingga kejelasan dalam berbisnis pun adalah merupakan hal penting yang harus diketahui sebelumnya.

• Paid Through Klick (PTC)
Adalah contoh kegiatan bisnis online dimana pembayarnnya dilakukan setiap kali kita mengklik iklan dari suatu pengiklan. Atau biasa disebut dengan iklan komersial. Pada system ini setiap kali meng klik suatu iklan kemungkinan hanya akan mendapatkan keuntungan sekitar 1-2 cent saja. Namun jika banyak orang yang membuka situs tersebut, hasilnya pun dapat menguntungkan. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh kemampuan kreatifitas para pembuat iklan dalam membentuk iklannya sedemikian rupa sehingga menarik minat seseorang untuk melihatnya.

• Bisnis online Data Entri
Adalah merupakan salah satu contoh kegiatan bisnis online yaitu dengan cara memberikan tarif atau bayaran saat memperoleh suatu data bagi seseorang, terhadap seseorang yang memasukkan datanya kedalam suatu perusahaan yang menawarkan program data entri.

• Bisnis Online Affiliate Marketing
Juga merupakan salah satu tipe bisnis melalui jaringan internet atau disebut juga bisnis online. Sistemnya ialah dengan cara mendaftarkan diri dalam suatu perusahaan yang memproduksi suatu barang. Untuk ikut memasarkan produk yang ditawarkan. Penghasilannya adalah merupakan pembagian keuntungan antara penjual dan pemilik produk. Beberapa jaringan affiliate yang terkenal diantaranya ialah ebay, clickbank, amazon dll.

Sudah tidak asing lagi ketika Anda  menjalankan bisnis internet, Anda membutuhkan dompet online untuk segala macam keperluan transaksi Anda.
Bila di bisnis konvensional biasanya Anda membayar secara cash maupaun transfer. Di bisnis internet ada beberapa metode pembayaran.


1. Rekening Bank Lokal

Sebagai pebisnis internet, Anda wajib mempunyai rekening bank, dalam hal ini adalah bank lokal. Karena dengan ini Anda akan menerima dan membayar untuk segala kebutuhan transaksi Anda khususnya yang berkaitan dengan rupiah.
Biasanya rekening yang sering digunakan pebisnis internet Indonesia adalah BCA. Nah, jika relasi Anda banyak yang menggunakan BCA, sebaiknya Anda juga gunakan yang sama karena akan terbebas dari pajak saat transfer antar rekening.
Namun bukan berarti Anda harus gunakan jasa bank tersebut, semua tergantung kebutuhan.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit biasanya digunakan untuk belanja online sepeti di Ebay, beriklan di Google Adwords dan beberapa merchant yang mensyaratkan pembayarannya dengan kartu kredit.



3. PayPal

PayPal saat ini merupakan alat pembayaran online yang populer digunakan para internet marketer, selain terpercaya, saat ini banyak merchant yang menggunakan jasanya sebagai alat pembayaran online.
Anda bisa mendaftarnya gratis langsung di web resminya www.paypal.com. Berbeda dengan kebanyakan nomer rekening bank pada umumnya. Di PayPal, nomer rekening Anda berupa alamat email. Dan Anda bisa mencairkannya di bank lokal.
Account PayPal Anda juga harus telah terverifikasi agar bisa menerima jumlah uang yang tak terbatas. Kalau account Anda masih unverifed, saldo Anda dibatasi yakni maksimal $100.
Untuk memverifikasinya, Anda butuh kartu kredit. Sayang tidak semua orang memiliki atau mau menggunakan kartu kredit di internet, entah alasan keamanan atau yang lain.
Solusinya adalah menggunakan VCC (virtual credit card), yakni alat virtual yang bisa memverifikasi account PayPal. Dengan satu kali verifikasi, account PayPal Anda akan terverifikasi selamanya. Dan ini tidak melanggar aturan (legal) digunakan.
Jika account Paypal Anda belum terverifikasi, Anda bisa memverifikasinya di: verifikasi PayPal. Anda akan mendapat support admin hingga account PayPal Anda benar-benar terverifikasi.

4. AlertPay

Meskipun tidak sepopuler PayPal, Alertpay juga merupakan alat transaksi online. Alertpay biasanya digunakan untuk program PTC (pay to Click).
Alertpay juga aman digunakan karena menggunakan teknologi calledSecureSocket Layer (128 bit SSL), sehingga ketika melakukan transaksi, tidak ada yang bisa membaca informasi acoount Anda.
Sama halnya dengan PayPal, di sini account Anda juga memerlukan verifikasi. Untuk bisa terverifikasi, Anda harus mengirimkan bukti SCAN berupa KTP, SIM, PASPORT. Setelah itu data Anda akan diproses oleh pihak Alertpay yang biasanya memakan waktu 1 minggu.

5. Liberty Reserve

Liberty Reserve merupakan mata uang online yang dibackup 100% oleh U.S dollars atau untuk account EURO. Biasanya digunakan untuk trading forex, sewa hosting , dll.
Kelebihan menggunakan Liberty Reserve adalah praktis dan cepat. Setelah Anda melakukan transaksi, Anda langsung mendapat produk yang Anda beli tanpa adanya delay.
Kantornya berpusat di Torre Fuentes del Obilisco 2 do Piso, Codigo Postal 1265 Escazu, Costa Rica, central America yang pada tahun 2006 diakuisisi oleh Amed Mekovar, seorang ahli ekonomi yang telah berpengalaman 12 tahun di perbankan.
Di Indonesia sendiri ada banyak merchant jual beli e-currency Liberty Reserve, salah satu yang terpercaya adalah www.prochanger.com. Biasanya mereka menggunakan rekening BCA sebagai jasa transaksi dengan proses beberapa jam hingga  satu hari.

6. E-Gold

E-Gold merupakan metode pembayaran online yang menggunkan emas sebagai tolak ukur nilainya yang disesuaikan harga emas murni sesuai nilai pasar dunia.
Untuk menukarkan E-Gold Anda dalam bentuk rupiah,  merchant Indonesia yang bisa Anda gunakan adalah www.indochanger.com karena merupakan yang paling tua di antara E-Gold changer yang lain, berdiri sejak tahun 2002 dan memiliki pelanggan tetap selain memiliki stok rupiah dan E-Gold yang memadai.
Dahulu orang banyak menggunakan jasa ini sebagai transaksinya, tapi karena beredar isu yang menyatakan E-Gold akan bangkrut, orang mulai berpindah ke jasa lain.

7. Cek

Selain menggunakan dompet digital, pembayaran bisnis internet lainnya yang sering digunakan adalah menggunakan cek, seperti untuk menerima pembayaran Googe Adsense, Adbrite, Amazone, Chitika, Clickbank, dll yang akan dikirim langsung ke alamat rumah yang bisa Anda cairkan di bank-bank lokal.
Untuk mencarikan ke bank lokal, biasanya Anda akan dikenakan fee  sebesar 10 hingga $30 yang memakan waktu beberapa bulan. Kalau Anda tidak mau menunggu proses pencairan lebih lama, Anda bisa gunakan jasa broker tentunya dengan fee yang lebih besar.

8. Western Union

Western Union merupakan jasa pengiriman uang ke berbagai penjuru dunia secara real time. Kelebihan menggunkan Western Union adalah aman, mudah, cepat, dalam beberapa hitungan detik uang langsung bisa diambil.
Selain itu tidak diharuskan mempunyai rekening bank, biaya pengiriman yang sangat terjangkau, sedang bagi penerima biasanya hanya dibebani dengan bea materai.
Dan saat ini Google Adsense sendiri menggunkan alat ini sebagai metode pembayarannya bagi orang Indonesia. Jadinya Anda tidak perlu repot menunggu terlalu lama untuk menerima pembayaran dari Adsense yang biasanya menggunkan cek.
Itulah beberapa metode dan macam pembayaran bisnis di internet. Anda tidak harus menggunkan semua alat pembayaran diatas, cukup gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Sebenarnya masih banyak yang lain,  tapi saya rasa metode pembayaran diatas yang sering digunkana pebisnis internet.


Keuntungan Bisnis Online

Tak dapat diragukan lagi bahwa kini bisnis online memiliki prospek bisnis  yang cukup besar. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari  berjualan barang maupun menawarkan jasa melalui toko online, hingga membantu penawaran produk sebagaireseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.
Sama seperti  peluang usaha offline, bisnis online pun juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Baik keuntungan dalam bentuk materi maupun keuntungan tidak langsung misalnya berupa luasnya jaringan. Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung oleh ketekunan serta optimalisasi website maupun media online yang digunakan.

Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :

1.     Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet

2.     Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen


3.     Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

4.     Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan


5.     Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatasbahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system

6.     Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.


Contoh-contoh bisnis online :











Tidak ada komentar :

Posting Komentar